Selasa, Juni 30, 2015

Tips sederhana menjaga gitar akustik anda

Dibanding instrument musik lain gitar mungkin yang paling banyak dicari oleh musisi pemula karena dianggap paling mudah dipelajari serta harganya lebih miring dibanding alat musik lain seperti drum dan piano. Sayangnya karena harga murah inilah sebagian besar gitaris kurang menjaga gitarnya sendiri dan memilih beli membeli gitar baru ketika mengalami kerusakan.



Tapi harus anda tahu bahwa musisi yang baik adalah mereka yang menghargai instrumennya dengan menjaga dan merawatnya. So, yang perlu kalian lakukan adalah mengetahui langkah tepat merawat gitar akustik, yang pertama harus diperhatikan adalah pengaturan leher. Pastikan anda sudah melakukan pengaturan leher secara benar dengan memutar searah jarum jam.

Setelah memastikan bahwa leher disesuaikan dengan benar, kendurkan senar dan atur sesuai yang seharusnya. Ingat juga untuk tidak memainkan gitar secara berlebihan atau sembrono karena bisa menyebabkan kerusakan pada bagian stringnya. Factor lain yang harus diperhatikan adalah suhu, suhu ekstrim yang terlalu dingin atau panas dapat menurunkan kualitas gitar.

Karena itu ketika manggung tempatkan gitar di atas mimbar jika sedang tidak digunakan, dan ketika dibawa bepergian taruhlah gitar kursi bagian belakang. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya sentuhan langsung antara dasar mobil yang panas dengan body gitar. Biarkan gitar secara perlahan beradaptasi dengan suhu disekitarnya.

Perlu diingat juga jangan pernah meninggalkan gitar didekat sumber panas, yaitu, radiator atau perapian yang panasnya ekstrim. Jika perlu sebelum menempatkan gitar anda sebaiknya ukur suhu dalam ruangan pastikan tidak terlalu panas maupun dingin.

Yuk Cari tahu info lebih lanjut tips merawat gitar yang baik di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar