Jumat, April 17, 2015

Bass Drum Berlubang

Bass merupakan salah satu bagian penting dari sebuah set drum. Tanpa bass anda tidak akan bisa mendapatkan suara sempurna. Karena itulah bass kerap memerlukan sentuhan khusus dari anda. Tapi tentunya sebelum memberikan sentuhan anda perlu terlebih dulu untuk mengenalnya dengan baik. Maka dara itu penting bagi anda ketika membeli alat musik drum juga memilih bassnya sendiri supaya bass yang nanti digunakan sesuai dengan keinginan. Setelah memiliki bass sendiri tugas selanjutnya yang harus dijalankan adalah memainkannya dengan baik.

Bass drum berlubang

Bass drum sendiri ada dua jenis yakni berlubang dan tidak. Kali ini kita akan membahas yang berlubang saja. Lubang bass drum itu sendiri terdapat dibagian bawah bass dengan luas lubang sekitar 1/4 dari total luas lingkaran bass, bagian ini sering juga disebut dengan drumhead. Bass drum yang berlubang dibagian depan akan membuat suara yang dihasilkan terpantul keluar dan tidak kembali masuk kedalam bass. Bass drum yang berlubang cenderung menghasilkan suara lebih jernis. Oleh sebab itu bass jenis ini sangat disarankan untuk pemula.

Para drummer profesional kerap menggunakan bass berlubang ketika mengiringi musik-musik keras seperti metal dan heavy yang membutuhkan teknik double pedal. Bahkan beberapa drummer sering melubangi sendiri bass drumnya hanya untuk mendapatkan efek yang bagus untuk permainan double pedal mereka. Tentunya ini sangat tidak disarankan bagi anda yang masih buta tentang bass. Salah-salah bukannya mendapatkan suara bagus justru kerusakanlah yang didapat, jadi lebih baik beli bass drum yang langsung berlubang saja.

Source : Yamaha Musik Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar