Rabu, April 15, 2015

Pentingnya pengulangan ketika recording

Bagi anda yang pernah melakukan rekaman pasti juga mengalami banyaknya kesalahan ketika rekaman berlangsung. Hal ini terjadi karena beberapa sebab, bisa jadi karena kurang matangnya materi, kurang latihan maupun kondisi fisik yang tidak mendukung. Sebenarnya hal ini wajar terjadi dan bukan merupakan sebuah standar bahwa anda salah satu musisi yang gagal rekaman.

Percayalah hampir semua musisi pernah mengalami ini. Karena itu para pakar musik selalu menyarakankan untuk melakukan take ulang jika dirasa ada bagian-bagian yang masih kurang, jangan pernah berpikir bahwa semuanya bisa anda perbaiki saat mixing. Pasalnya dalam proses mixing tidak banyak yang bisa diperbaiki, mixing hanyalah proses mencampurkan semua bahan sound.

Jadi ketika anda salah pada saat take, sudah pasti hasil mixing juga tidak akan bagus. Daripada anda berharap pada saat proses mixing semua bisa diatasi lebih bagi melakukan pengulangan take kendati itu harus dikerjakan sampai puluhan kali. Lebih baik anda lelah diawal daripada mendapatkan hasil yang buruk, selain itu anda juga tidak boleh pantang menyerah.

Dalam proses rekaman memang banyak kendalanya, baik itu dari masalah instrument, sound engineer atau diri anda sendiri. Yang penting adalah pada focus dan pencapaian yang sesuai dengan materi lagu awal, jangan sampai materi yang sudah disusun susah payah itu malah terbuang sia-sia dan berakhir menjadi album sampah. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi kepada sound engineer tentang bagaimana anda ingin membuat rekaman.

Akan lebih baik lagi jika terlebih dahulu anda melakukan latihan diruman seakan-akan sedang melakukan rekaman distudio. Rekam saja dengan tape recorder dulu untuk meyakinkan diri anda, latihan ini akan membantu anda untuk menilai bagian mana saja yang harus diperbaiki. Tentunya ketika melakukan latihan ini anda membutuhkan dukungan instrument sendiri dirumah, beli piano, keyboard, gitar serta instrument musik lain supaya anda bisa berlatih sendiri dirumah sebelum akhirnya melakukan rekaman di studio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar