Kamis, Maret 19, 2015

Pianist harus memiliki karakter

Pada dasarnya karakter dibutuhkan oleh semua musisi, sebab karakter atau jati diri sangat penting untuk membedakan anda dengan musisi lainnya. Manusia mengenal sesamanya dengan melihat bentuk wajah, bunyi suara atau cara ia mengenakan pakaian. Begitu juga dengan musisi orang akan memandangnya dengan cara bagaimana suara musisi, bentuk permainan dan wajahnya.
Pianist harus memiliki karakter

Slash misalnya, gitaris kelas dunia ini disebut-sebut memiliki karakter kuat dengan topi sulapnya, rambut kriting dan sabuk gitar yang panjangnya mencapai lutut. Padahal dari segi permainan slash termasuk gitaris yang biasa-biasa saja. Hal ini juga berlaku bagi pianist, keyboardist maupun drummer.

Untuk seorang pianist misalnya karakter bisa diwujudkan dengan menampilkan suara-suara yang khas seperti yang dilakukan Beethoven. Dengarkanlah bagaimana musik-musik yang dia hasilkan begitu berbeda dan anda bisa menembak siapa pemainnya hanya dengan mendengarkannya saja. Beethoven pada masanya sering diejek karena membuat aransmen yang buruk.

Namun karena keyakinan terhadap musiknya sendiri yang berbeda, Beethoven tetap melanjutkan permainannya dan pada akhirnya dimasa yang lebih modern justru musik-musiknya lah yang kerap dijadikan acuan. Kisah ini bisa anda jadikan contoh, namun bukan berarti anda menghindari untuk mendengar berbagai jenis musik.

Justru anda harus mendengar lebih banyak jenis musik dan saring mana yang bagus untuk anda jadikan karakter, jangan lupa beli piano dan segera praktekan bentuk karakter sesuai bayangan anda. Ingat jangan menjadi plagiat sebab plagiat hanya akan menjadi pecundang dan tersisih dengan mudahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar