Kamis, April 02, 2015

Penguasaan not balok membantu komunikasi

Rasanya memang agak sulit mengaitkan not balok dan komunikasi namun jika dipikirkan lebih runut dan mendalam not balok memang sangat berperan dalam proses komunikasi terutama antar musisi. Pasalnya not balok adalah salah satu poin penting ketika para musisi bermain bersama, bayangkan dalam sebuah orchestra jika ada yang tidak bisa membaca tablature?

Namun sebenarnya hal itu tidak akan terjadi sebab sebelum mengajak anda untuk tampil dalam sebuah orchestra, mereka akan mempertanyakan terlebih dahulu penguasaan teori musik anda terutama not balok. Jika tidak bisa jangan harap akan dilibatkan dalam proyek besar tersebut. Jika anda memaksa? Bayangkanlah betapa malunya anda ketika musisi lain meminta anda untuk membuat aransmen tertentu menggunakan bahasa not.


Tentu anda akan kelimpungan sendiri karena tidak mengerti apa maksud dari pembicaraan mereka. Lain halnya ketika anda mengerti apa yang dibicarakan, dengan segera anda pun bisa mengubah permainan atau membuat sebuah karya menjadi lebih baik. Karena itulah banyak musisi professional enggan bekerjasama dengan musisi yang tidak mengerti teori musik.

Bukan menganggap remeh dan rendah mereka yang hanya bisa melakukan praktik, hanya saja ketika bekerja sama dengan musisi yang tidak menguasai teori musik itu artinya komunikasi akan berjalan sulit dan pertunjukan tidak akan maksimal. Ini adalah salah satu hal yang paling dihindari oleh musisi manapun, mana ada musisi yang ingin gagal dalam pertunjukan.

Untuk itu sangat penting bagi anda menguasai pengetahuan not balok dan teori musik lainnya. Beli piano dan segeralah belajar dari para senior tentang berbagai teori musik yang biasanya digunakan dalam pertunjukan. Jangan sampai anda menjadi musisi yang tertinggal dan diacuhkan musisi lain karena minimnya pengetahuan tentang teori musik.

Source : Yamaha Musik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar