Rabu, Januari 21, 2015

Posisi badan dan double pedal

Para drummer pemula kerap kali menanyakan hal-hal dasar misalnya cara memukul drum dengan benar, cara menjaga tom-tom dan lain-lain. Wajar hal ini dipertanyakan, karena memang jika anda ingin berhasil dalam berkarir dibidang musik anda memang harus lebih banyak bertanya dan menyerap pelajaran dari para senior.

Salah satu tekhnik yang menjadi primadona para drummer adalah double pedal. Sayangnya tidak semua drummer pemula bisa menguasai tekhnik ini dengan baik, terutam karena posisi tubuh yang salah. Tips untuk memainkan double pedal adalah sesuaikan dengan kenyamanan tubuh anda sendiri.

Bisa dengan menempatkan bangku rendah maupun tinggi. Posisi bangku rendah biasanya dipilih oleh mereka yang terbiasa menggunakan kursi kecil saat latihan. Sedangkan bangku tinggi bisanya dipilih oleh mereka yang ingin terlihat lebih menonjol saat tampil dipanggung, namun pada dasarnya tidak ada pembenaran mengenai posisi badan saat bermain double pedal.

Yang terpenting adalah anda nyaman dan leluasa memainkan semua jenis perkusi yang anda miliki. Tentunya hal ini juga memerlukan latihan rutin, tanpa latihan rutin anda tidak akan tahu posisis mana yang membuat anda nyaman. Beli alat musik drum dan temukan posisi atau cara yang membuat anda nyaman memainkan double pedal.

Jangan minder atau malu ketika orang-orang menyebut cara yang anda pilih sangat aneh. Apapun yang orang katakan acuhka saja yang penting anda bisa merasa nyaman ketika menggerakan tangan dan kaki. Untuk apa anda tampil keren dan menyamankan mata orang lain jika anda sendiri tidak nyaman dan justru membuat penampilan anda terlihat buruk. Jadi nyamankanlah diri anda dulu baru kemudian memainkan double pedal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar