Senin, Januari 05, 2015

Major Modes

Untuk para gitaris pemula yang ingin belajar melodi biasanya akan merasa bingung harus memulai dari mana, apakah harus belajar secara otodidak dengan perlahan-lahan atau bertanya kepada yang lebih ahli. Selain itu kebanyakan gitaris pemula justru tidak memercayai para seniornya, mereka kerap beranggapan hanya guru musiklah yang nasihatnya patut didengarkan.


Walhasil mereka tidak berkembang sama sekali, selain membeli alat musik terbaik hal lain yang bisa mereka lakukan adalah memainkannya secara serampangan. Padahal ada banyak trik yang bisa dilakukan untuk memulai belajar melodi. Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah mempelajari major modes.

Major modes membantu anda belajar melodi sekaligus menemukan harmoni. Modes berperan penting membawa anda ke level lebih lanjut lantaran dapat membantu anda melatih improvisasi dan mengembangkan permainan. Modes termasuk level dasar namun jangan dianggap sepele karena modes akan membantu anda memahami pola-pola melodi tertentu.
Major modes sendiri bisa dipanggil dengan sebutan solmisasi yang terdiri dari 7 nada. Masing-masing nada bisa dikembangkan menjadi mode lain. Pahami dulu metode solmisasi ini setelah itu barulah anda melangkah ketahap berikutnya yakni mempelajari melodi. Jangan ragu untuk bertanya kepada senior.

Karena rata-rata gitaris profesional tahu metode solmisasi. Percayalah pengalaman mereka juga tidak kalah jauh dengan kemampuan yang dimiliki para guru les. Berlatihlah dengan giat dan jangan mudah menyerah, melodi adalah salah satu teknik gitar yang cukup sulit dilakukan terutama buat anda yang pemalas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar